Written by Joice Hadisiswoyo
Tuesday, 18 November 2008

Ayat Bacaan  Yesaya 43:1-3

“Akhirnya hendaklah kamu kuat di dalam Tuhan, di dalam kekuatan kuasaNya”

Efesus 6:10

Dalam menapaki hidup ini setiap kita pasti pernah melewati bagian-bagian yang ada dalam kehidupan ini. Mungkin, ada masanya kita mengalami suatu hal yang menyenangkan namun ada juga saatnya kita mengalami duka. Oleh karena itu pahamilah setiap hal yang terjadi supaya kita memperoleh pengertian dan tidak menjadi kecewa dalam menjalani hidup ini. Salah satu bagian kehidupan adalah persoalan, dimana setiap orang pasti pernah mengalami masalah atau tantangan, dan setiap kita tidak akan dapat menghindar dari masalah. Dengan demikian kita tidak boleh tawar hati ketika sedang menghadapi persoalan, sebab pada saat kita mulai tawar hati maka lemahlah kekuatan kita.

Bukankah masalah yang kita hadapi tidak melebihi kekuatan kita. Dan perlu kita ketahui pula bahwa masalah itu akan melatih iman percaya kita kepada Tuhan semakin kuat. Saudara, berat atau ringannya suatu persoalan tergantung cara kita menyikapinya. Apabila kita memandang suatu persoalan sebagai suatu kesempatan untuk membuat iman kita bertumbuh, maka kita tidak pernah mengeluh, tetapi sebaliknya, apabila kita memandang sesuatu yang memberatkan hidup kita maka selamanya iman kita tidak bisa bertumbuh.

Yesaya 41:10 mengatakan jangan kita takut sebab Tuhan akan menolong dan memegang kita dengan tangan kananNya yang membawa kemenangan bagi setiap kita. Yang berikutnya adalah setiap orang adakalanya mengalami sakit penyakit, tetapi janganlah khawatir sebab Tuhan sanggup menyembuhkan kita. Atau mungkin juga kita merasa hati kita terluka, kecewa namun jangan terus hidup tenggelam dalam persoalan yang ada, tetapi sebaliknya, hidup kita harus dapat melepaskan pengampunan kepada setiap orang yang bersalah dan kita harus tetap dapat bersukacita. Satu hal dalam hidup ini perlu kita ingat bahwa Tuhan akan membuat segala sesuatunya indah pada waktuNya (Pengkotbah 3:11) Dalam kondisi apapun baik senang maupun duka bersyukurlah kepada Tuhan. Tetaplah percaya dan berdiri teguh di dalam Tuhan sebab Ia adalah Allah yang baik. Dan di setiap kondisi apapun Dia tetap memiliki rencana yang baik. Amin.

Dikutip dari BethanyGraha.org