© Joe the WOP

© Joe the WOP

Written by Joice Hadisiswoyo
Thursday, 14 August 2008

Ayat Bacaan Amsal 6:1-11

Hai pemalas, berapa lama lagi engkau berbaring? Bilahkah engkau akan bangun dari tidurmu? (Amsal 6:9)

Setiap orang di dunia pasti ingin mengalami kemenangan. Namun tidak jarang manusia sering mengalami hambatan dalam meraih sebuah kesuksesan Ada beberapa hal yang harus kita hindari yaitu:

Pertama adalah kemalasan, rasa malas merupakan salah satu faktor yang membuat seseorang jauh dari keberhasilan. Karena sebuah kesuksesan tidak akan dapat diraih hanya dengan bersantai melainkan disertai dengan usaha, juga ketekunan. Karena itu setiap kita yang sudah diberi talenta oleh Tuhan, kita harus dapat mempergunakan sebaik mungkin supaya waktu yang ada jangan sampai berlalu dengan sia-sia. Karena itu Amsal 6:6-8 menasehatkan “pergilah kepada semut dan jadilah bijak, dan sekalipun tidak ada pemimpinya semut tetap mengumpulkan makananya…”

Kedua adalah berhenti atau diam di tempat. Dalam hidup ini kita tidak boleh diam ditempat/tidak melakukan apa-apa sebab kehidupan kita terus berjalan dan waktu yang ada tidak dapat kembali lagi. Karena itu dalam kehidupan ini kita harus tetap maju lanjutkan usaha kita sehingga kita menjadi pemenang. Hadapilah segala rintangan dan jangan sampai kita berhenti.

Ketiga adalah mudah menyerah sebelum mencoba. Seringkali saat kita mengalami tantangan, kita mudah putus asa. Sehingga kita akan mundur sebelum kita mencoba untuk maju. Hal ini tidak sepatutnya kita lakukan, sebab Tuhan tidak menjadikan kita sebagai umat yang mudah pesimis, karenan Tuhan sudah menyiapkan kemenangan bagi setiap kita. Oleh karena itu tetaplah maju, jangan mudah pasrah melainkan kita harus terus mencoba sampai kita meraih keberhasilan. Sekalipun kita sempat mengalami kegagalan, tetaplah maju bersama Allah yang akan memimpin kita dalam kesuksesan demi kesuksesan. Amin