©Isobel T

©Isobel T

Written by Joice Hadisiswoyo
Friday, 13 June 2008

Ayat Bacaan: Yeremia 29:11

“Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan”

Dalam hidup manusia melewati 3 masa atau waktu.

Yang pertama adalah masa lalu, setiap kita pasti memiliki masa lalu entah itu baik atau buruk. Sebab itu ketika kita memiliki masa lalu yang buruk jangan sampai kita terpuruk di dalamnya karena itu semua telah berlalu.  Dan Tuhan tidak pernah melihat akan hidup kita di masa lalu melainkan saat ini. Bahkan Tuhan akan selalu memberi kesempatan bagi setiap kita untuk meraih suatu kemenangan. Firman Tuhan mengatakan aku melupakan apa yang telah di belakangku dan mengarahkan diri kepada apa yang di hadapanku (Filipi 3:13).
Yang kedua adalah masa kini dimana ini adalah realita yang dihadapi oleh setiap manusia. Dimana manusia akan mengalami masalah, tantangan, kesuksesan ataupun kegagalan. Namun apapun yang terjadi setiap kita harus selalu siap dan berani dalam menghadapi kenyataan yang ada. Jangan pernah lari serta menghindar dari kenyataan yang ada. Sebab Tuhan tidak menjadikan kita sebagai umat yang kalah melainkan sebagai umat yang lebih dari pemenang (Roma 8:37). Dengan demikian kondisi apapun yang terjadi hari ini, kita harus selalu optimis. Jangan mudah menyerah terhadap keadaan yang ada, sebab Yesus selalu beserta kita.

Yang berikutnya adalah masa depan, setiap orag tidak akan pernah tahu apa yang terjadi di hari esok. Namun sebagai umat Tuhan, kita harus percaya bahwa Tuhan telah menyiapkan masa depan yang terbaik bagi kita. Firman Tuhan mengatakan bahwa Dia akan memberi masa depan yang penuh dengan damai sejahtera serta penuh pengharapan (Yeremia 29:11). Oleh karena itu kita tidak boleh terpengaruh oleh kondisi yang sedang kita terjadi. Serahkan masa depan kita pada Tuhan sebab Ia adalah Allah yang berkuasa.