Written by Joice Hadisiswoyo
Thursday, 04 September 2008

Pdt. Hengky So
Khotbah Doa Malam 04-09-08
Graha Bethany Nginden

2 Petrus 3:9a mengatakan bahwa Tuhan tidak pernah lalai menepati janjiNya sekalipun ada orang yang menganggapnya sebagai suatu kelalaian. Sebab ketika Tuhan sudah berjanji  dalam hidup kita maka Dia pasti akan menggenapinya. Namun seringkali kita tidak menikmati janji Tuhan karena kita kurang setia serta tidak tekun dalam memegang janji Tuhan.

Dalam Firman Tuhan kita belajar dari Abraham, dimana selama 25 tahun Abraham tekun dalam menanti janji Allah. Beberapa sikap Abraham dalam menanti janji Tuhan:

1. Dalam Roma 4:18 dikatakan bahwa Abraham terus memegang janji Tuhan sekalipun tidak ada dasar untuk berharap namun ia terus berharap. Sampai ia menerima penggenapan janji Allah. Waktu kita terus memegang janji Tuhan maka pengharapan kita tidak akan sia-sia.

2. Dalam Roma 4:19-20 dikatakan bahwa sekalipun janji Allah belum digenapi namun Iman. Abraham tidak menjadi lemah malah ia terus memperkuat imannya pada Tuhan. Begitu pula iman kita juga harus semakin kuat di dalam Tuhan.

Cara memperkuat iman :
*Mendengar  Firman Allah dengan sungguh-sungguh, (Roma 10:17) dengan cara menerima, merespon dengan benar, dan mencerna Firman dengan benar.

3. Kejadian 15:5, mengatakan bahwa  TUHAN membawa Abram ke luar serta berfirman: “Coba lihat ke langit, hitunglah bintang-bintang, jika engkau dapat menghitungnya.” Maka firman-Nya kepadanya: “Demikianlah banyaknya nanti keturunanmu.” Hal ini dikatakan oleh Tuhan supaya Abraham tetap mengingat akan janji Tuhan. Jadi, agar kita dapat memegang jani Tuhan biarlah setiap kita selalu ingat akan janjiNya.

*Kunci mengingat janji Tuhan adalah menghafal firman supaya kita menjadi kuat

4. Dalam Kejadian 17:5 telah dijelaskan bahwa Tuhan mengganti nama Abram menjadi Abraham. Abram artinya bapa yang mulia. Abraham artinya Bapa banyak segala bangsa. Tujuan Allah mengganti nama Abram supaya ia selalu mengucapkan perkataan iman walaupun ia belum menerima janji Allah.  Arti sebuah nama sangatlah penting sebab di dalamnya kita terus mengucapkannya. Dalam hidup ini setiap kita harus selalu mengucapkan perkataan iman sebab apa yang kita ucapkan itulah yang akan terjadi.

Satu hal yang perlu kita pegang bahwa Allah tidak pernah terlambat dalam menolong kita. Dia selalu tepat dalam menolong umat kita. Amin

Source: BethanyGraha.org